Artikel

Kelompok Ekonomi Lainya

30 April 2014 19:54:20  Administrator  88 Kali Dibaca 

PROFIL EKONOMI DESA SELAT

Struktur perekonomian Desa Selat masih bercorak agraris yang meinitik beratkan pada sektor pertanian. Hal ini didukung oleh penggunaan lahan pertanian masih menempatiporsi yang terbesar sebanyak kurang lebih 87 % dari total penggunaan lahan Desa dan 60 % mata pencaharian penduduk menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Pada sektor komoditas yang menonjol sebagai hasil andalan adalah padi.

Beberapa sektor ekonomi yang tergolong mendasar dan menonjol disamping sektor pertanian adalah : pertenakan, perkebunan, perdagangan dan industri rumah tangga. Pada sektor pertanian di Desa Selat yang menononjol adalah : padi, palawija, hortikultura. Sedangkan di sektor peternakan yang banyak dipelihara warga adalah : ternak sapi, ayam (ras dan buras), babi dan itik. Hasil tegalan/kebun adalah : kelapa, pisang, cengkeh, nangka, rambutan, durian dan lain-lain. Disamping itu pada lahan perkebunan masyarakat banyak menanam kayu sebagai usaha sanpingan seperti : albesia, sengon dan kayu jati.

Pada sektor perdagangan di Desa Selat memiliki 1 (satu) fasilitas pasar yang cukup memadai yang banyak didatangi oleh masyarakat dari Desa Akah, Selat, Selisihan serta sekitar Desa Tangkup (karangasem), sebelah utara Desa Selat seperti Desa Pesaban, Nongan bahkan Rendang dan Menanga.

Pada Sektor industri rumah tangga dan pengolahan termasuk didalamnya adalah : kerajinan emas dan perak, pembuatan kosen, jahit, anyaman bambu serta pengolahan hasil pertanian dan perkebunan. Pada sektior jasa yang menonjo; adalah tumbuhnya lemnbaga-institusi Keuangan Mikto berupa Koperasi. LPD, Progrsm CBD dsn UPK PNPM sebagai pendukung ekonomi desa. Hal ini digharapkan akan membawa dampak positif dalam perkembangan ekonomi desa secara keseluruhan. Disamping itu sektor jasa yang lainnya adalah angkuitan umum pedesaan.

Dalam rangka menambah kembangkan perekonomian masyarakat desa, Desa Selat ditunjang oleh Sarana dan Prasarana Ekonomi .

Jumlah Sarana dan Prasarana Ekonomi di Desa Selat

No.

Jumlah Sarana dan Prasarana Ekonomi

PASAR

KOPERASI

LPD

SSP

PUAP

 

1.

 

 

1

 

1

 

3

 

4

 

-

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Peta Batas Wilayah Desa

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Aparatur Desa

Back Next